Kamis, 22 November 2018

Mengapa siswa Anda sulit fokus dalam belajar? Mungkin mereka kelompok Naturalis!


Kamu menikmati jalan-jalan di alam terbuka? Kamu senang menanam bunga atau memelihara binatang? Nilai IPA-mu selalu di atas nilai 80? WOW! Kamu mungkin termasuk kedalam kelompok dengan kecerdasan naturalis*.




Orang-orang yang senang dekat dengan alam seperti mendaki gunung, berkebun, sangat perhatian terdapat lingkungan, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan alam atau benda fisik di lingkungan sekitar. Mereka memiliki indera yang peka untuk mengenali persamaan, perbedaan, serta perubahan pada sekelilingnya jauh lebih cepat daripada orang lain. Selain itu, mereka sangat mudah mengkategorikan atau mengklasifikasikan sesuatu yang ada dilingkungannya.

Untuk bapak dan ibu guru, adakah siswa yang sering melihat keluar jendela? Bukan karena menunggu gebetannya lewat ya.. tetapi siswa yang memperhatikan lingkungan sekitarnya. Siswa dengan kecerdasan ini akan sulit untuk konsenterasi jika hanya duduk di kelas dan sekedar mendengarkan penjelasan guru. Bagaimana dengan belajar sejarah yang pada umumnya tidak lepas dari penjelasan guru mengenai fakta, bukti, nama tokoh, dan peristiwa?

Ajaklah siswa untuk berkunjung ke luar kelas, seperti museum dan tempat-tempat bersejarah. Ini tentu memakan biaya dan waktu. Akan tetapi, ada cara yang mudah. Misalnya, disekitar sekolah terdapat nama jalan yang diambil dari nama pahlawan. Jika sesuai dengan materi yang Bapak dan Ibu ajarkan, maka ajaklah berkeliling dan menemukan tulisan dan nama tersebut. Kemudian perlihatkan kepada siswa anda dan carilah tempat yang aman dan nyaman untuk memberikan penjelasan sejarah tokoh tersebut. Selain itu, bisa juga dengan penugasan, misalnya membuat vlog mengenai tempat bersejarah. Saya telah menerapkan ini dan alhamdulillah siswa dapat belajar sejarah dari lingkungannya, melakukan wawancara dengan masyarakat setempat, bekerja sama dan saling melingdungi anggota kelompoknya, mencari arah menuju lokasi yang dituju, dan banyak sekali manfaat dan pengalaman yang didaptkan oleh siswa.

Berikut adalah hasil karya siswa dengan kelompok kecerdasan Naturalis.




*untuk mengetahui dengan jelas kecerdasan naturalis siswa diperlukan peninjauan dari psikolog


Tidak ada komentar:

Posting Komentar